Kasus Politik Uang di TTS, Penyidik Perlu Gali Sumber Uang

oleh -1.8K views

Kota SoE, Fakta TTS-Penyidik Polres Timor Tengah Selatan (TTS) sudah menyampaikan Surat Pemberitahuan Dimulainya  Penyidikan (SPDP) kasus Politik uang (Money pokitik) yang diduga terjadi pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di desa Lanu dan Boentuka kepada jaksa penuntut Kejari TTS.

Kajari TTS, Fachrizal,SH kepada Fakta TTS, Rabu (14/11/2018) di ruang kerjanya mengatakan ada dua oknum warga yang ditersangkakan penyidik dengan pasal politik uang di Pilkada.
Dikatakan jika merujuk pada pasal yang disangkakan maka sumber uang yang diterima warga/pemilih harus jelas sehingga unsur politik uang  bisa terpenuhi. “Kasusnya kan politik uang jadi dari mana  uangnya harus jelas supaya unsurnya bisa terpenuhi. Penyidik perlu gali sumber uangnya dari bukti awal yang ada,”kata Kajari Fachrizal.
Dijelaskan pendalaman soal sumber uang yang diterima warga/pemilih bisa dilakukan dengan merunut alur uang hingga sampai ke tangan penerima.
Sebelumnya Kasatreskrim Polres TTS, Iptu Jamari menyampaikan pihaknya sementara mendalami kasus itu termasuk sumber uang yang diterima warga. “Masih pendalaman,”kata Kasat Jamari lewat layanan WhatsApp merespon pertanyaan Fakta TTS soal apakah cabup-cawabup Paslon nomor urut 02, Drs. Obed Naitboho,M,Si dan Aleksander Kase,S.Pdk juga akan dijadikan saksi dalam kasus itu.
Nama keduanya mencuat karena dalam transaksi uang  oknum penerima mengaku saat mereka dikasih uang mereka disampaikan oleh si pemberi uang untuk memilih Paslon nomor urut 02.
Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Jamari, Kamis (1/11/2018) mengatakan dua tersangka yang ditetapkan berinisial EF, warga desa Boentuka kecamatan Batu putih dan FT, warga desa Lanu kecamatan Amanatun Selatan.
Keduanya kata Iptu Jamari di duga telah memberikan uang kepada sejumlah warga di desa Boentuka dan Lanu dan mengarahkan mereka untuk mencoblos Paslon nomor urut tertentu di saat PSU tanggal 20 Oktober 2018.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *