80-an Peminjam Uang PD Mutis Jaya Diperiksa

oleh -2.6K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Penyidik Kejari Timor Tengah Selatan (TTS) terus menggeber proses penyidikan kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal pemkab TTS ke PD Mutis Jaya sebesar Rp 1,2 miliar yang dialokasi tahun 2011 dan 2012 kemarin.
Proses pemeriksaan saksi untuk menguatkan indikasi korupsi  dalam kasus itu tengah dilakukan.
Setelah pemeriksaan terhadap unsur pemerintah, perusahaan dan oknum DPRD,  mulai Senin (26/10/2020) kemarin giliran saksi-saksi dari unsur warga peminjam uang PD Mutis Jaya yang diperiksa. Simpan pinjam dana adalah salah satu unit usaha PD Mutis jaya menggunakan dana tersebut.
Khusnul Fuad,SH, kasie Pidsus Kejari TTS, mengatakan hampir Rp 400 juta dari total dana tersebut dikelola dalam bentuk simpan pinjam.

Pemeriksaan terhadap para peminjam tersebut kata Khusnul untuk memastikan soal setoran atau pengembalian dana pinjaman.

Hasil pemeriksaan sebelumnya terhadap pihak PD Mutis jaya bahwa ada peminjam yang tidak mengembalikan uang sementara sejumlah peminjam menerangkan mereka sudah melunasi pinjaman mereka dengan menunjukan bukti setoran namun setorannya tidak tercatat dalam laporan keuangan PD Mutis jaya.
Selain untuk simpan pinjam dana penyertaan tersebut juga digunakan untuk unit usaha lain seperti jualan sembako, ATK. Ada juga dana sekitar Rp 300-an juta yang dipakai beli kendaraan dump truk untuk menunjang usaha jasa angkutan. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *