Data C1 KWK & C1 Plano di 305 TPS, Cocok

oleh -4.8K views
Kota SoE,Fakta TTS-KPU kabupaten TTS akhirnya baru melaksanakan amar putusan sela MK RI dalam perkara PHP Pilkada TTS tahun 2018 dengan menghitung ulang perolehan suara pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati (4 paslon) dengan melakukan pencocokan data formulir C1 KWK berhologram dan C1 plano berhologram pada Selasa (4/9/2018) pagi.
Sedianya penghitungan ulang ini dimulai Senin (3/9/2018) namun digeser sehari kemudian karena bertepatan dengan prosesi pemakaman ketua KPU TTS, Ayub Magang.
Penghitungan dilakukan di kantor KPU TTS mulai jam 08.00 wita yang terbagi dalam empat panel hitungan. penghitungan disaksikan paslon nomor urut 2 dan paslon nomor urut 3 serta saksi paslon dengan diawasi langsung Bawaslu RI, Bawaslu NTT dan kabupaten TTS. Proses penghutingan yang dikawal ketat aparat kepolisian dan TNI ini dibagi dalam tiga panel untuk mempercepat waktu penghitungan.
Hingga penghitungabln diskors pada pukul 19.00 wita sudah 305 TPS di 14 kecamatan yang sudah dibuka dan dihitung dengan mencocokan data suara di formulir C1 Plano berhologram asli dan formulir C1 KWK berhologram asli. Ada 921 TPS di 32 kecamatan yang akan dihitung.
Yan Ati, Plh. ketua KPU TTS usai penghitungan, Selasa (4/8/2018) malam kepada Fakta TTS mengatakan hingga penghitungan 305 TPS tersebut belum ditemukan perbedaan data antara yang termuat di formulir C1 plano berhologram asli dan formulir C1 KWK berhologram asli.
Penghitungan dijadwalkan berlangsung hingga 8 September 2018. hasil penghitungan ulang tersebut akan dibawa ke MK RI.
Dalam amar putusannya MK memberikan waktu 14 hari untuk dilakukan penghitungan ulang di 921 TPS.
Perkara PHP ini diajukan paslon nomor urut 2, Obed Naitboho- Aleksander Kase. Gugatan diajukan paslon dukungan partai NasDem, PKPI dan PAN ini karena merasa tak puas dengan hasil pleno KPU TTS. sesuai pleno tersebut paslon nomor urut 3, Eppy Tahun-Jhon Army Konay, usungan partai Golkar dan Hanura meraih suara terbanyak dengan selisih 737 suara dari pesaing terdekat paslon Obed Naitboho-Aleks Kase. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *