Tak Punya KTP-e, Tak Ada di DPT, Tetap Bisa Memilih, Asalkan?

oleh -1.1K views
Kota SoE, Fakta TTS-Pada Rabu (27/6/2018) besok akan berlangsung pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 171 daerah provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia. Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) adalah salah satu daerah kabupaten yang melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
Pihak KPU TTS sebagai penyelenggara telah menyiapkan 921 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 278 desa/kelurahan bagi warga untuk menggunakan hak pilih pemimpinnya pada Rabu pagi besok.
Kotak suara dan Logistik pilkada lainnya termasuk surat suara, surat undangan memilih dan formulir lainnya telah didistribusikab KPU TTS ke desa/kelurahan untuk masyarakat menyalurkan aspirasinya di TPS.
Bagi warga yang tidak memiliki KTP-e (elektronik) dan namanya tidak tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tak perlu kecewa karena mereka tetap bisa menggunakan hak suaranya di TPS karena ada aturan yang membolehkan itu.
Ketua KPU TTS, Ayub Magang kepada Fakta TTS, Selasa (26/6/2018) pagi menyampaikan Surat Edaran (SE) KPU nomor 574 membolehkan warga yang tak punya KTP-e bisa ikut memilih asalkan namanya terdaftar di DPT. Mereka cukup membawa formulir C6 ke TPS untuk memilih.
Begitupun sebaliknya warga yang namanya tak terdaftar di DPT juga bisa memilih asalkan punya KTP-e. KTP-e dibawa ke TPS dan tunjukan ke petugas di TPS agar bisa memilih pemimpin di daerahnya.
“SE 574 mensyaratkan bagi yang sudah terdaftar sebagai pemilih namun tidak memiliki KTP-e, cukup membawa C6 untuk ikut memilih. Bagi yang tidak terdaftar sebagai pemilih namun memiliki KTP-e dapat ikut memilih setelah pemilih yang terdaftar dalam DPT selesai memilih,”demikian penjelasan Ayub Magang.
Jumlah pemilih di kabupaten TTS yang akan memilih gubernur-wagub NTT dan bupati-wabup TTS pada Rabu 27 Juni 2018 sebanyak 280.721 orang yang akan menggunakan hak pilihnya di 921 TPS dalam wilayah 266 desa dan 12 kelurahan. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *