Air Terjun Oenaek, Potensi Benlutu Yang Perlu Dilirik Pemda

oleh -868 views
Boentuka, fakta-tts.com – Banyak yang belum tahu kalau di wilayah desa Benlutu kecamatan Batu putih kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) ada potensi alam yang tak hanya menyajikan keindahan untuk dilihat namun juga bisa untuk menunjang kebutuhan air masyarakat.
Akhir pekan lalu, fakta-tts.com menyusuri sebagian wilayah desa yang berada dipinggir Kota SoE, ibukota kabupaten TTS.
Oleh warga setempat disampaikan kalau di desa itu ada air terjun yang cukup indah dipandang yang belum dikenal luas.
Ternyata benar, tepatnya di wilayah RT 19/ RW 09/ Dusun C desa itu ada air terjun yang cukup indah dipandang. Air itu oleh warga setempat dinamakan Oenaek.
Air itu berasal dari sumber di cela bebatuan yang dikelilingi pohon-pohon besar. Aliran air itu menyusur area persawahan warga sebelum tumpah menutupi bongkahan – bongkahan batu yang terlihat bertingkat dan akhirnya menuju kali Boentuka.
Sepintas air terjun ini mirip Oehala, di kecamatan Molo selatan, destinasi wisata air terjun yang cukup di kenal masyarakat kabupaten TTS dan sekitarnya.
Kata warga, belakangan ini mulai terlihat ada warga setempat dan warga dari luar desa yang mengunjungi air terjun itu untuk sekedar berfoto-foto.
Pantauan fakta-tts.com
potensi air Oenaek belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk pengembangan potensi  lahan pertanian dan perkebunan warga di wilayah itu.
“potensi air Oenaek ini cukup besar, kalau dilirik pemerintah maka ini bisa jadi salah satu sumber pemenuhan air bersih bagi warga, persoalan ketersediaan air sekarang adalah persoalan serius terutama masyarakat di SoE. Selain itu ini juga bisa dikelola untuk dijadikan obyek wisata,”kata warga yang menemani fakta-tts.com melihat air terjun Oenaek akhir pekan lalu.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *