Kejari TTS Selamatkan Rp 636,4 Juta Dari Koruptor

oleh -1.5K views

Kota SoE,Fakta TTS-Kepala Kejaksaan negeri (Kejari) Timor Tengah Selatan (TTS) Oscar Douglas Riwu,SH mengungkap jumlah uang yang diperoleh dari hasil penanganan kasus korupsi di tahun 2017 yang disetor kembali ke kas negara.

Kepada Fakta TTS, Selasa (12/12/2017) di kantornya Kajari Oscar mengatakan dalam tahun 2017 ini setidaknya hingga hari anti korupsi tanggal 9 Desember 2017 Lembaga yang dipimpin berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp 636.450.450 dari para koruptor dalam sejumlah kasus korupsi yang ditangani yang telah berkekuatan hukum tetap oleh pengadilan “Uang negara yang kita selamatkan hampir Rp 700 juta. Itu uang pengganti yang disetor pelaku korupsi dalam beberapa kasus setelah status hukum perkaranya berkekuatan hukum tetap atau inkraq,”kata Kajari Oscar yang tidak ingat persis nominal dari masing-masing perkara.

Dikatakan dalam tahun 2017 ini ada lima kasus yang ditangani yakni kasus dana konsumsi pelantikan bupati-wakil bupati di sekretariat daerah tahun 2014, kasus di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), kasus di KPU, kasus dana desa Nunleu kecamatan Amanatun selatan dan kasus embung Mnelalete kecamatan Amanuban barat.

Dari kelima kasus itu dua diantaranya sudah inkraq yakni kasus dana konsumsi dan kasus BKD. Namun dari dua kasus itu terpidana kasus dana konsumsi tidak memnayar uang pengganti tapi memilih jalani masa hukuman selama satu bulan. “Jadi uang pengganti yang kita setor ke kas negara tahun ini tidak semua dari kasus yang inkraq di tahun 2017 tapi ada juga kasus dari tahun sebelummya yang inkraq tahun ini. Nanti kasus tahun ini yang inkraqnya di tahun 2018 itu nanti masuk hitungan tahun 2018 jika ada uang pengganti yang disetor,”katanya

Tiga kasus lainnya dari lima kasus yang ditangani tahun 2017 ini tiga dipastikan masuk tahap penuntutan tahun ini sehingga jika dalam putusan nantinya ada pembayaran uang pengganti maka uang yang dibayar terpidana masuk hitungan di tahun 2018. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *