Ribuan Guru Honor di Kabupaten TTS ‘Serbu’ Dinas P & K

oleh -2.3K views
Kota SoE, Fakta TTS-Hari pertama aktifitas perkantoran setelah libur hari raya Natal, Kamis (28/12/2017) pagi, ribuan guru honor
di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyerbu kantor dinas Pendidikan dan Kabudayaan (P dan K) setempat.
Lantai satu dan lantai dua kantor tersebut dipadati para honorer dari 32 kecamatan yang ada di kabupaten TTS.
Kepadatan terparah tampak di lorong masuk menuju ruang bagian pendidikan SD dan SMP.
Kepala dinas P dan K kabupaten TTS, Eddyson Sipa yang dikonfirmasi mengatakan kedatangan mereka untuk menerima insentif guru honor tahun 2017 yang dibayarkan dinas.
“Itu mereka antri mau ambil insentif honor yang kita proses pembayarannya mulai hari ini,”kata Eddyson.
Jumlah honorer yang dibayar insentifnya mencapai 1.650 orang yang terdiri dari guru PAUD 250 orang, kelompok bermain 400 orang, SD 550 orang dan SMP 700 orang.
Besaran insentif untuk honorer PAUD dan kelompok belajar sebesar Rp 600 ribu perorang pertahun dalam bentuk biaya operasional sementara untuk SD sebesar Rp 200 ribu/perorang/perbulan sehingga yang dibayarkan Rp 1.200.000/orang/tahun. Untuk SMP sebesar Rp 250 ribu/orang/bulan.
Ia menjamin tidak ada potongan apapun dalam pembayaran tersebut. “Saya jamin tidak ada potongan,”katanya.
Jumlah anggaran maupun jumlah guru non PNS tersebut kata Eddyson sudah diupayakan untuk dinaikan tahun 2018 untuk menjawab persoalan kekurangan guru di pelosok kabupaten TTS. “Untuk PAUD kita naikan jadi 1000 orang dan SD dan SMP 3.000 orang dengan strata pendidikan S1. Yang sudah lama mengajar juga kita akomodir,”katanya.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *