Lulusan SD,SMP Harus Tetap Bersekolah, Dinas Terapkan Zonasi PSB

oleh -4.3K views
Eddyson Sipa, kepala dinas P dan K kabupaten TTS

Kota SoE,Fakta TTS-Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Seperius Eddy Sipa mengatakan semua lulusan SD dan SMP tahun ini di kabupaten TTS wajib meneruskan jenjang pendidikan ke tingkat selanjutnya karena pemda TTS telah menggalakan program Gerakan Anak Masuk Sekolah (Gamas) yang didalamnya menjamin anak usia sekolah untuk tetap bersekolah yang difasilitasi pemerintah.
“semua tamatan SD maupun SMP harus dipastikan melanjutkan pendidikannya karena ada Gamas,”kata Eddy Sipa di hadapan pengawas sekolah dan kepala sekolah dalam acara pendistribusian naakah Ujian SD di kantor dinas P dan K kabupaten TTS, Selasa (1/5/2018).

Ia meminta pihak orang tua, sekolah, pengawas dan aparat pemerintah di desa untuk mengamankan program tersebut dengan menjamin tidak ada lulusan yang tidak melanjutkan pendidikan.

Tahun ini jelas Eddy Sipa, peserta ujian SD maupun SMP di kabupaten TTS meningkat. Agar tidak terjadi penumpukan atau kekurangan jumlah siswa baru di sekolah-sekolah tertentu maka pihaknya menerapkan sistim zonasi atau pembagian wilayah untuk Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ini.
Dalam sistim ini jelas kadis Eddy, lulusan dalam zona tertentu tidak bisa melanjutkan pendidikan di sekolah yang berada di zona lain. “misalnya lulusan SD di kecamatan Amanatun Utara wajib lanjut sekolah di SMP yang ada disitu tidak bisa sekolah di SMP lain di luar zona itu kecuali ada rekomendasi dari dinas untuk sekolah di tempat lain,”katanya.

Dikatakan kebijakan zonasi dalam PSB tersebut merupakan aturan yang berlaku nasional sehingga harus disukseskan pemerintah di daerah.
“Kenapa kita terapkan ini karena ini aturan nasional. ini dibuat supaya tidak terjadi penumpukan atau kekurangan siswa di sekolah-sekolah tertentu,”katanya. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *