Paket Lakapu-Selan Teramcam Bubar ?

oleh -602 views
Kota SoE,fakta-tts.com-Paket bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati TTS, Johanis Lakapu-Uksam Selan terancam bubar. Ini menyusul arah dukungan politik dari PKPI yang tiba-tiba berubah setelah pengurus kedua partai bertemu di Jakarta tanggal 16 November 2017 dan bersepakat dengan PKB untuk berkoalisi mendukung kedua figur dalam satu paket calon.
“Tanggal 16 November 2017 itu kami dari PKB dan sejumlah petinggi PKPI kabupaten TTS dan provinsi bertemu di Jakarta dan kami telah bersepakat untuk usung pak Jhon Lakapu dan pak Uksam Selan,”kata Eggy Usfunan, ketua DPC PKB kabupaten TTS kepada Fakta TTS melalui telepon, Jumat (15/12/2017) pagi.
Dalam pertemuan tersebut kata Eggy, petinggi PKPI menyampaikan kalau PKPI siap mengusung kader mereka dan Uksam Selan dianggap figur partai yang tepat untuk diduetkan dengan figur yang diusung PKB TTS, Johanis Lakapu yang sendiri mengikuti seleksi ditingkat DPP PKB di Jakarta.
Berubahnya sikap PKPI tersebut tambah Eggy mengecewakan PKB karena hal itu akan berdampak pada SK dukungan yang telah diberikan kepada Johanis Lakapu. “Kami kecewa atas sikap PKPI yang berubah setelah kami bersepakat. Karena dengan begini kami juga harus berproses ulang mencari pasangan lain untuk pak Jhon,”katanya.
Ketua DPK PKPI kabupaten TTS, Steven Tafui keberatan kalau pihaknya yang dibilang sebagai yang menimbukan ancaman pecah longsi paket Lakapu-Selan.
Kepada Fakta TTS melalui telepon Tafui mengatakan Uksam sendiri yang tidak memberikan kepastian kepada DPN PKPI soal niatnya ikut dalam pilkada TTS dengan menjadi wakil dari Jhon Lakapu. “Kalau ada pertemuan bersama PKB di Jakarta itu betul. Tapi pak Uksam Sendiri yang kelihatan masih ragu untuk bermain karena bilang keluarga keberatan. Ini disampaikan sendiri pak Uksam ke DPN. Jadi bukan kami yang berubah pikiran. Dari awal kader PKPI yang bawa pasangan ke DPN itu hanya pak Uksam. Ada juga pak Sefrid Nau yang bawa pak Jusak Taneo tapi masalahnya pak Jusak tidak daftar di PKPI,”kata Steven yang membantah soal faktor ‘mahar’ tinggi yang dipatok PKPI untuk para balon.
Steven menyatakan hampir pasti PKPI akan memberikan dukungan ke paket Obed Naitboho-Aleks Kase karena hanya paket itu dan paket Johanis Lakapu-Uksam Selan yang kini berproses di DPN PKPI. “Ini memang belum pasti tapi peluangnya ke paket satunya lagi, Naitboho-Kase karena paket Lakapu-Selan tidak memberi kepastian ke DPN. Pak Naitboho dan pak Kase sudah ketemu DPN. Kita lihat saja nanti karena dalam waktu dekat ini SK sudah diterbitkan DPN,”kata Steven Tafui. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *