KPU TTS Kurang Sosialisasi Soal Pilkada

oleh -999 views
Kota SoE, Fakta TTS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dianggap kurang melakukan sosialisasi terhadap masyarakat sehingga banyak masyarakat yang belum tahu secara jelas soal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di kabupaten TTS.
Sejumlah warga yang diwawancarai Fakta TTS secara terpisah justeru tidak tahu kapan pilkada TTS dan ada yang tahu lewat ceritera orang partai politik namun ada juga yang tahu meski kurang terinci lewat siaran radio.
“sampai sekarang apa yang KPU sosialisasikan soal Pilkada TTS kita tidak tahu karena KPU lebih memilih sosialisasi di hotel ketimbang di media dan ini adalah kelemahan KPU Sebagi lembaga penyelenggara Demokrasi,”kata Alfred Baun, mantan anggota DPRD TTS.
Tuan Dethan, warga desa Kesetnana kecamatan Molo selatan mengatakan ia sekilas mendengar ada himbauan KPU TTS lewat radio pemerintah daerah soal waspada soal isu sara jelang pilkada. Namun soal tahapan pilkada justeru di dengar dari informasi yang disampaikan orang partai politik.
Sementara warga kecamatan Noebeba, Yosep Betty mengatakan mereka tidak pernah tahu soal informasi pilkada yang disampaikan pihak penyelenggara. Ia bahkan tidak tahu kapan pilkada TTS dilaksanakan.
Ia hanya pernah disampaikan oleh salah seorang warga yang berkecimpung di dunia politik kalau partai mereka mau mendaftarkan calon bupati mereka ke KPU untuk pilkada. “Tidak pernah ada sosialisasi di wilayah desa kami. Saya dengar dari seseorang anggota partai yang bilang partai mereka mau daftar calon bupati mereka,”kata Yosep lewat telepon.
Alfred Baun menilai dengan kondisi ini rakyat telah dirugikan karena rakyat berhak mengetahui semua tahapan yang dilalukan KPU TTS dalam rangka suksesnya Pilkada di TTS. “Ini merugikan Pemilih di TTS yang memiliki Hak pilih atau hak suara kita berharap Pilkada TTS jangam ada masalah saja.belajar dan KPU yang lalu. KPU yamg sekarang harus bercermin dengan baik,dana terlalu banyak baru kerja pelit seperti itu,”kata Alfred yang mengaku tahu kalau anggaran pilkada TTS yang dikelola KPU TTS sebesar Rp 45 miliar lebih.

 

Ketua KPU TTS, Ayub Magang tidak merespon saat dimintai konfirmasi lewat layanan WatsApp soal sosialisasi pilkada yang dilakukan di kabupaten TTS. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *