Pelantikan 85 Kades Terpilih, Juni Sebelum Pilkada

oleh -1.9K views
Kota SoE, Fakta TTS-Pelantikan 85 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak periode II di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) bulan Maret 2018 lalu akan dilakukan dalam bulan Juni 2018 dan pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) merencanakan pelantikan tersebut digelar antara tanggal 15 sampai dengan 20 Juni sebelum pelaksanaan pemungutan suara Pilkada TTS dan Pilgub NTT tanggal 27 Juni 2018.
 
“kita sudah rencanakan pelantikan digelar sebelum pencoblosan di pilkada dan pilgub tanggal 27 juni. Jadi sebelum masa tenang untuk pilkada itu kita lantik. jadi nanti antara tanggal 15 sampai 20 Juni itu ada pelantikan,”kata George Dominggus Mella, kepala BPMD kabupaten TTS, Senin (30/4/2018) di kantor bupati TTS.
 
Ia mengatakan pelantikan tersebut digelar Juni karena di aturan pelaksanaan Pilkades tersebut pelantikan hasil Pilkades serentak di gelar dalam bulan Juni. “diaturannya itu pelantikan dalam bulan Juni. jadi kita pilih satu hari sebelum masa tenang kampanye agar tidak mengganggu masa tenang sebelum hari pencoblosan Pilkada dan Pilgub,”kata Mella yang tidak menyebut aturan dimaksud.
 
Dikatakan saat ini tim penyelesaian sengketa Pilkades sementara dalam proses penyelesaian 15 sengketa dari 13 desa yang hasil pelaksanaannya dipersoalkan. setelah selesai tim tersebut akan menyampaikan hasil kerjanya termasuk rekomendasinya ke bupati TTS untuk menentukan keputusan atas sengketa yang terjadi di 13 desa. 
 
“tim penyelesaian sengketa sementara merampungkan tugasnya. nanti setelah ini akan dilaporkan ke bupati termasuk soal rekomendasi yang dibuat atas masalah yang diperiksa,”katanya.
 
Meski demikian George memastikan tidak ada hasil Pilkades dari 13 desa tersebut yang dianulir atau dibatalkan. “tidak ada yang dibatalkan karena semua sudah berjalan sesuai aturan,”katanya.
 
Ke-13 desa yang dipersoalkan pelaksanaannya akni Obesi dan Kokfeu di kecamaran Molo utara, desa Enoneten dan Oebelo di kecamatan Amanuban selatan, desa Netutnana kecamatan Amanatun selatan, desa Nunfutu di kecamatan Fatukopa, desa Benlutu kecamatan Batuputih, desa Kotolin kecamatan Kotolin, desa Nasi kecamatan Amanatun utara, desa Konbaki dan Oelnunu di kecamatan Polen, desa Tublopo kecamatan Amanuban barat dan desa Tuapakas di kecamatan Kualin.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *