Perubahan Dapil di TTS, Tiap Dapil 8 Kursi

oleh -2.7K views
Kota SoE, Fakta TTS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Timor Tengah Selatan (TTS) dalam proses perubahan daerah pemilihan (dapil) untuk pemilihan anggota legislatif tahun 2019 mendatang. Usulan ini didasarkan pada tujuh prinsip penataan dapil yakni Kesataraan nilai suara, Ketaatan pada sistim pemilu yang proporsional, Proporsional, Integralitas wilayah, Coter minus suara, Kohesifitas dan kesinambungan.
Ketua KPU TTS, Ayub Magang mengatakan usulan tersebut telah disampaikan dalam rapat kerja (raker) penataan dapil antara KPU, tokoh masyarakat, pemuda dan jajaran pemerintah pekan lalu di Kupang.
Mengacu pada tujuh pertimbangan tersebut maka kata Ayub khusus kabupaten TTS forum menyepakati untuk terjadinya perubahan jumlah kursi dalam tiga dari lima dapil yang ada di kabupaten TTS. Perubahan jumlah kursi terjadi di dapil 1, dapil 2 dan dapil 3.
Dikatakan jumlah kursi didapil 1 mengalami perubahan dari tujuh kursi menjadi delapan kursi karena kecamatan Polen yang sebelumnya di dapil 2 masuk ke dapil 1.
Dengan keluarnya Polen ke dapil 1 maka dapil 2 mengalami kekurangan 1 kursi dari delapan kursi. Untuk menutup kekurangan 1 kursi tersebut maka kecamatan Toianas yang sebelumnya di dapil 3 dimasukan ke dapil 2 untuk menggenapi 8 kursi. Sementara dengan keluarnya Toianas maka kursi di dapil 3 menjadi delapan kursi dari sebelumnya sembilan kursi.
“(Perubahan) ini supaya ada kesetaraan nilai suara. Dengan perubahan ini lima dapil yang ada memiliki masing-masing delapan kursi,’kata Ayub Magang.
Sesuai usulan perubahan tersebut komposisi jumlah kecamatan di lima dapil yang ada di 32 kecamatan di TTS yakni Dapil 1 meliputi kecamatan Molo barat, Molo Selatan, Molo Tengah, Molo utara, Tobu, Fatumnasi, Nunbena dan Polen.
Dapil 2 meliputi kecamatan Amanuban tengah, Oenino, Amanuban timur, Fautmolo, Fatukopa, Amanatun utara, Kokbaun dan Toianas.
Dapil 3 yakni kecamatan Kotolin, Nunkolo, KiE, Amanatun selatan, Boking, Santian dan Noebana.
Dapil 4 tidak mengalami perubahan dari pemilu sebelumnya yakni kecamatan Amanuban selatan, Kualin, Kuanfatu, Noebeba dan Kolbano. Dapil 5 juga tidak berubah yakni kecamatan Batu putih, Kota SoE, Amanuban barat dan Kuatnana.
Usulan tentang perubahan kecamatan di dapil tersebut kata Ayub Magang baru akan dipastikan oleh KPU pusat dalam tanggal 28 Maret hingga 6 April 2018. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *