Pembentukan Fraksi di DPRD TTS, Berkarya ke Golkar, Kemana PAN & Perindo?

oleh -4.7K views

Kota SoE,fakta-tts.com – Setelah pelantikan 40 anggota DPRD Timor Tengah Selatan (TTS) , NTT, Senin (19/8/2019), kini dua Pimpinan sementara DPRD TTS, Marcu Buana Mbau (NasDem) dan Roy Babys (PKB) yang juga ditetapkan dalam paripurna tersebut, tengah disibukan dengan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yakni Dewan Kehormatan, Bapemperda/Badan legislasi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus).

Pembentukan fraksi juga menjadi salah satu agenda penting yang harus dituntaskan Marcu dan Roy menuju penetapan pimpinan definitif DPRD TTS periode 2019-2024. “Selain pembentukan AKD, pembuatan Tata tertib DPRD, pimpinan sementara juga harus siapkan fraksi sebelum penetapan pimpinan definitif, itu beberapa tugas pimpinan sementara DPRD. Tugas-tugas itu sementara berjalan,”kata Robby Selan, sekretaris DPRD TTS.
Dikatakan Robby, pihaknya juga sudah siapkan permohonan ke pengurus partai politik yang menempatu kursi pimpinan yakni NasDem, PKB dan PDIP untuk mengusulkan calon pimpinan definitifnya ke DPRD TTS, sementara soal pembentukan fraksi adalah urusan partai dan dalam pengamatan Robby proses pembentukan fraksi sementara berlangsung.
Partai politik yang dipastikan punya fraksi murni karena memiliki lebih dari 4 kursi di DPRD TTS adalah NasDem, PKB, PDIP, Golkar, Demokrat, Hanura, PKPI dan Gerindra.
Sementara PAN, Perindo dan Berkarya yang hanya memiliki masing-masing satu kursi dipastikan tidak bisa menggabungkan diri untuk membentuk satu fraksi sendiri (gabungan) karena penggabungannya tidak mencapai 4 kursi.
Satu wakil partai Berkarya dipastikan Nabopolasar Bansae, wakil ketua DPC Berkarya kabupaten TTS, akan bergabung ke fraksi Golkar. Sehingga dengan demikian fraksi Golkar menjadi lima kursi. “Kita gabung dengan fraksi Golkar, itu sudah kami putuskan (pengurus kabupaten),”kata Bansae.
Lalu kemana wakil Perindo dan PAN akan bergabung?, Ini masih belum jelas.
Ada informasi, wakil Perindo akan bergabung dengan salah satu fraksi parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf dalam pilpres kemarin yang punya fraksi di DPRD TTS yakni anatara NasDem, PKB, Golkar, PDIP, Hanura atau PKPI. Dan fraksi Hanura dikabarkan telah ‘deal’ dengan Perindo soal ini.
Nomor telepon sekretaris dewan pengurus Perindo kabupaten TTS, Yan Faot, tidak aktif saat dikonfirmasi soal ini Selasa siang.
Sementara wakil Perindo di DPRD TTS, Marliana Lakapu di kantor DPRD TTS mengatakan belum ada pembicaraan di internal partai soal itu. Ia mengakui ada informasi bahwa Perindo akan bergabung dengan salah satu parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf yang memiliki fraksi murni di DPRD TTS. Secara pribadi Marliana merasa oke-oke saja bergabung dengan fraksi partai manapun. “Iya, memang infonya akan gabung dengan salah satu fraksi parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf, namun ini belum dipastikan partai mana karena belum ada pembicaraan di partai. Kalau saya pas-pas saja gabung dengan salah satu fraksi dari partai-partai pendukung Jokowi-Ma’ruf,”katanya.
Ada kabar yang belum terkonfirmasi bahwa PAN akan merapat ke Gerindra karena pertimbangan politis Pilpres lalu.
Fraksi punya peran penting dalam pengambilan keputusan politis di parlemen karena merupakan perpanjangan tangan dari partai politik. (Jmb)
__________________
Foto: sekwan Robby Selan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *