Realisasi 19 Ruas Jalan Strategis di TTS Baru 42 Persen

oleh -1.3K views
Semmy Nggebu, kadis PUPR kabupaten TTS

Kota SoE, Fakta TTS-Pelaksanaan pembangunan perbaikan konstruksi 19 ruas jalan strategis yang menghubungkan kecamatan-kecamatan di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) oleh dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) kabupaten TTS dipastikan tidak akan tuntas dalam rezim/pemerintahan bupati Ir. Paul Mella,M.Si dan wakilnya Drs. Obed Naitboho,M.Si hingga tahun 2019 mendatang.

Kepala dinas PUPR kabupaten TTS, Ir. Semmy Nggebu mengatakan itu ketika ditemui Fakta TTS di ruang kerjanya, Rabu (6/12/2017). “Sampai selesai masa jabatan pemerintah saat ini juga belum bisa selesai seluruhnya,”katanya.

Ia mengatakan ketersediaan dana menjadi persoalan dalam penyelesaian program rezim saat ini. Dalam setiap tahun anggaran, kata Semmy porsi anggaran yang dialokasikan paling tinggi hanya sampai lima kilometer. Anggaran perkilometer untuk konstruksi hotmix jelas Semmy mencapai sekitar  Rp 2 miliar lebih. Karena porsi anggaran yang pas-pasan sehingga dibangun bertahap. “Kita bangun bertahap sesuai ketersediaan dana. Sumber dana program ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU),”katanya.

Penyediaan dana pekerjaan jalan berkonstrukai hot mix tersebut kata Semmy mulai dianggarkan tahun 2015 lalu namun hingga tahun 2017 ini realisasi baru sekitar 43 persen dari total panjang ke-19 ruas jalan tersebut sepanjang 643 kilometer.

“Sampai tahun ini baru 42 persen. Tiap tahun itu kita bagi untuk semua tahun ini ada delapan titik yang kita kerjakan. Bertahap kita bangun. Satu titik ada yang dua sampai tiga kilometer,”katanya.

Meski dikatakan demikian namun informasi yang dihimpun Fakt TTS dari ke-19 ruas jalan tersebut ada ruas jalan yang sejak prograam itu dilaksanakan tahun 2015, ruas jalan tersebut belum pernah dibiayai perbaikannya ke konstruksi hotmix.

Ke-19 ruas jalan strategis yang diprogramkan pemerintahan Paul Mella-Obed Naitboho : Polen-fatumnutu 30 Km, Kobe Op-Kualeu 15 Km, Bolaplelo-Noenoni 16 Km, SoE-Kapan-Nenas-Sutual 96 Km, Neomat-Pope-Nunusunu-Kolbano 60 Km, Oinlasi-Menu 27 Km, Panite-Noemuke 13 Km, Sunu-Ayotupas 24 Km, Nasi-Santian 16 Km, Maileum-Besnam-Lotas-Fatuoni 35 Km, Nunuhboko-Boti 10 Km,Fatunaususu-Lilana-Noebesi 15 Km, Pope-Kunafu-Toineke 50 Km, Bikium-Fatukoko-Salbait 31 Km, Oinlasi-Kotolin 23,6 Km, Tumu-Kolbano 32 Km,Mnelalete-Mio 19 Km, Oe’Oh-Ayotupas-Wanibesak 58,4 Km dan Jalan dalam Kota SoE 50 Km.

Informasi yang diperoleh Fakta TTS hingga tahun 2017 ruas jalan Koe Op-Kualeu belum mendapat anggaran perbaikan konstruksi tersebut. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *