Komit Wujudkan Usulan Musrenbang, PMD TTS Harap Dukungan DPRD

oleh -2.9K views
Kota SoE,FaktaTTS-Musyawarah Pembangunan desa tingkat kecamatan di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang dilangsungkan selama sebulan telah berakhir tanggal 23 Februari 2018 lalu dan kini usulan program pembangunan tahun 2019 yang disampaikan masyarakat dari tiap kecamatan tengah direkap pemkab TTS untuk dibawa ke forum Musrenbang tingkat kabupaten untuk dibahas bersama DPRD.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten TTS, George Dominggus Mella, Senin (26/2/2018) kepada Fakta TTS mengatakan pihaknya telah berkomitmen untuk mengakomodir usulan masyarakat dari tingkat bawah dalam program pembangunan tahun 2019 kendatang yang tetap mengacu pada lima pilar pembangunan tahun 2014-2019 yakni Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Pemerintahan dan Infrastruktur.
Komitmen fokus pada usulan masyarakat lewat musrenbang tersebut kata Dominggus salah satu alasannya untuk menghapus imej negatif di masyarakat soal musrenbang. “Kita dapati di masyarakat itu, mereka bilang musrenbang hanya formalitas sebagai agenda pemerintah saja karena usulan-usulan yang mereka sampaikan kebanyakan tidak diakomodir. Imej begini yang mau kita hilangkan. Kita mau kembalikan roh musrenbang itu sebagai forum resmi untuk menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di desa-desa,”katanya.
Untuk itu tambah Dominggus pihaknya mengharapkan dukungan semua pihak termasuk DPRD sebagai representasi masyarakat untuk kawal usulan masyarakat lewat forum musrenbang untuk diwujudkan dalam pembangunan daerah.
“Kami sudah komit agar tahun ini lakukan sentralisasi produk perencanaan itu dari usulan masyarakat lewat musrenbang tentu disini harapannya komitmen kami ini ada dukungan DPRD. Memang ada juga aspirasi masyarakat yang disampaikan langsung ke DPRD saat reses ini perlu kita sinkronkan juga meski sumber usulan yang dijamin hanya satu yakni musrenbang dengan begitu kita bisa pertanggungjawabkan ke masyarakat secara baik,”katanya.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *