KTP Elektronik Yang Terbit Sejak 2011 Berlaku Seumur Hidup

oleh -2.7K views

Kota SoE,Fakta TTS-Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil (dispenduk capil) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Semly Fallo, menginformasikan bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (KTP-el) yang diterbitkan pemerintah kepada warga sejak tahun 2011 keatas berlaku seumur hidup sehingga tidak perlu diganti ataupun diperpanjang walaupun masa berlakunya habis

Kepada Fakta TTS, Minggu (7/1/2018) Semly mengatakan hal tersebut sesuai surat edaran kementerian dalam negeri (mendagri) nomor : 470/296/SJ tahun 2016 yang mengacu pada pasal 64 ayat 7 huruf A Undang Undang (UU) nomor 24 tahun 2013 yang mengamanatkan KTP elektronik untuk Warga Negara Indonesia (WNI) masa berlakunya seumur hidup.
Dikatakan dalam pasal 101 huruf C Undang-Undang tersebut juga mengamanatkan bahwa KTP elektronik yang sudah diterbitkan sebelum UU tersebut ditetapkan berlaku seumur hidup. “Dengan demikian KTP elektronik yang diterbitkan sejak tahun 2011 otomatis berlaku seumur hidup dan tak perlu diganti atau diperpanjang walaupun masa berlakunya habis,”kata Semly.
Ia menambahkan KTP elektronik baru diganti apabila hilang, rusak sehingga tidak terbaca atau ada perubahan data pemilik KTP elektronik misalnya alamat dan perubahan status kependudukan. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *