Mantan Camat Polen Tolak Ganti Rugi ke Pemda

oleh -3.8K views

Kota SoE, Fakta TTS-Mantan camat Polen Albertus Fay menolak tuntutan ganti ruhi pemerintah daerah (pemda) Timor Tengah Selatan (TTS) terhadapnya sebesar Rp 10 juta. Tuntutan ganti rugi tersebut disampaikan Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (MPTPTGR) dalam sidangnya 28 Desember 2017 lalu.

Kepada Fakta TTS di kantor bupati TTS, Senin (15/1/2018) Albert mengatakan ia tidak perlu mengembalikan dana perjalanan dinas tersebut karena perjalanan dinas ke Jakarta yang dilakukan tahun 2007 lalu bersama sejumlah camat itu atas perintah bupati untuk kepentingan daerah.
“Kami berangkat itu untuk ikut diklat akuntabilitas kinerja pelayanan punlik bagi camat di hotel Jayakarta. Saya dikasih Rp 10 juta dan dari itu kontribusi ke panitia Rp 3 juta. Kami jalan untuk kepentingan daerah terus jika ada kesalahan pertanggungjawaban administrasi apakah saya secara pribadi yang harus ganti uang itu?, saya tolak ganti rugi ini karena saya jalan bukan untuk kegiatan pribadi saya,”katanya.
Ia mengatakan jika pihak pemeriksa menemukan ada kesalahan dalam pertanggungjawaban dana itu maka itu adalah kesalahan sistim pertanggungjawaban keuangan pemerintah sehingga tidak bisa dibebankan kepada orang perorang.
Ia mengatakan akan meminta klarifikasi dari bendahara rutin di pemda dengan melihat kembali DPA dan SPJ anggaran perjalanan dinas tersebut.
“Saya mau minta klarifikasi bendahara rutin tahun 2007 untuk lihat kembali dokumen DPA dan SPJ karena itu bukan urusan prinadi. Itu perintah bupati dan kami tunaikan itu,”katanya.
Selain Albert Fay ada juga sejumlah pihak dari unsur pemerintah maupun profesi lainnya yang diminta mengembalikan keuangan negara yang sesuai temuan BPK RI terjadi penyimpangan administrasi dalam pengelolaannya. Total kerugian yang diminta pemda untuk disetor kembali sebesar Rp 20 miliar lebih akumulasi dari penggunaan anggaran sejak tahun 2002 hingga 2016 lalu. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *