Pilkades 85 Desa di Kabupaten TTS, 2 Desa Ajukan Keberatan

oleh -2.6K views
Kota SoE,Fakta TTS- Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak periode kedua di kabupaten TTS Selasa 13 Maret 2018 yang diikuti 85 desa berjalan aman dan lancar namun ada dua desa di kecamatan Molo utara, desa Obesi dan Kokfeu yang terjadi masalah. Ada masyarakat dan saksi salah satu calon mengajukan keberatan pada tahapan penghitungan suara oleh panitia pemilihan.
Demikian dikatakan kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten TTS, George Dominggus Mella kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (14/3/2018). “Umumnya terlaksana sesuai harapan, aman dan lancar hanya ada dua desa di.Molo utara yang ajukan keberatan,”kata George.
Dijelaskan di desa Obesi ada warga pemilih yang mempersoalkan dua lubang yang terdapat di sejumlah surat suara. Satu lubang mengenai gambar calon dan tembus ke bagian depan surat suara. “Mungkin mereka tidak membuka secara utuh kertas suara baru dicoblos tapi mereka buka satu kali, liha gambar calon dan langsung coblos. Sehingga lubangnya jadi dua. Satu kena gambar satunya kena bagian depan surat suara karena tembus,”kata Mella yang tidak memastikam berapa surat suara yang tercoblos di dua sisi itu karena berita acara penghitungan belum ditandatangani.
Warga kata Mella meragukan kebasahan surat suara tersebut sehingga meminta penjelasan pemda lewat surat keberatan yang diajukan ke dinas PMD Selasa (13/3/2018) malam.
“Kalau di desa lain ada juga seperti itu namun dianggap sah oleh panitia. Tapi yang ini karena sudah ada  keberatan nanti kami undang panitia, panwas untuk kita rembuk selesaikan masalah ini,”katanya.
Sementara dari desa Kokfeu kata George Mella, ada saksi dari salah satu kandidat calon yang mempersoalan 12 orang pemilih yang namanya ada di Daftar Pemilih Tetap (DPT) tapi tidak diakomidir sebagai pemilih oleh panitia.
Waktu pengajuan keberatan berlangsung dari 14 Maret 2018 sampai dengan 16 Maret 2018 setelah itu akan dilalukan penelitian dan pemeriksaan berkas keberatan selama 30 hari kedepan atau hingga tanggal 2 Mei 2018 sebelum pengesahan dan pengangkatan kades terpilih tanggal 3 sampai 9 Mei 2018.
Sementara pelantikan kades terpilih di 85 desa akan dilakukan serentak pada 28 Juni 2018.
Sebelumnya pada tahun 2016 kemarin sudah dilalukan pilkades serentak untuk 181 desa dari 266 desa dalam 32 kecamatan di kabupaten TTS. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *