Di Nunusunu Ada Air, Ada Jaringan, Viber Kosong, Kemana Dana Rehab Jaringan?

oleh -2.6K views

Nunusunu,fakta-tts.com – Piter Yohanis Kmio, warga RT 13 desa Nunusunu kecamatan Kualin, Selasa (24/9/2019) pagi menginformasikan warga di sejumlah Rukun Tentang ga (RT) di wilayah desa itu kini sulit mendapatkan air bersih padahal wilayah-wilayah RT setempat sudah dibangun jaringan perpipaan dari sumber air.

Ada enam Viber penampung yang dibangun di titik tertentu untuk memudahkan warga mendapatkan air dari viber-viber itu. Namun persoalan yang terjadi saat ini hanya dua Viber dekat sumber air yang terisi air, sementara empat lainnya kosong tak berair. Akibatnya warga mencari air dengan cara masing-masing bahkan ada yang beli air jerigen dari warga lain yang menjual keliling menggunakan kendaraan.
Kata Piter, tahun 2018 lalu pihak desa menganggarkan Rp 124 juta dari dana desa untuk merehab jaringan pipa tujuannya agar air bisa teraliri dari sumber ke enam Viber yang ada. Namun ia heran karena rehab jaringan tersebut tidak menjawab persoalan krisis air yang dihadapi warga. Keempat Viber tetap tak berisi air. “Kemana dana rehab jaringan itu, karena Viber tetap kosong, sekarang minta warga untuk swadaya beli pipa lagi untuk sambung dari pipa induk ke Viber lalu dana rehab itu untuk apa?,”tanya Piter dari balik telepon.
Pengamatan Piter, sejumlah warga pernah dilibatkan pelaksana kegiatan untuk merehab jaringan pipa yang rusak namun air masih terlihat dibeberapa titik terbuang percuma karena sambungan yang rusak atau putus hanya disambung menggunakan karet ban dalam kendaraan. “Di dekat kantor desa air terbuang percuma karena pipa bocor disitu,”kata Piter yang berharap agar pemerintah desa segera mengatasi persoalan tersebut dengan dana desa yang sudah disiapkan sebelumnya.
Kepala desa Nunusunu, Zadrak Ola tidak merespon panggilan fakta-tts.com saat hendak dikonfirmasi terkait ini pada sekitar pukul 10.00 wita. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *