PJU Desa, Masuk 12 Program 100 Hari Kerja Tahun-Konay

oleh -2K views

Kota SoE, Fakta TTS-Penerangan Jalan Umum (PJU) di desa-desa masuk dalam agenda 100 hari kerja bupati-wakil bupati (Wabup) TTS, Egusem Pieter Tahun,ST,MM dan Jhony Army Konay,SH.

“Penerangan jalan umum di seluruh desa yang terlayani listrik dan urgen membutuhkan penerangan,”kata Eppy (sapaan Egusem Tahun
Dalam pidato perdananya di paripurna DPRD TTS, Senin (18/2/2019), didampingi Wabup Army Konay.
Tak hanya penerangan jalan umum di desa, penerangan jalan-jalan dalam Kota SoE, ibukota kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) juga masuk dalam rencana kerja 100 hari pertama Tahun-Konay dibidang  penerangan.
Usai paripurna menjawab pertanyaan Fakta TTS, Eppy mengatakan penerangan jalan strategis di ibukota dan desa perlu dilakukan untuk menunjang aktifitas warga terutama di malam hari dan hal itu juga merupakan bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program nasional, Indonesia terang. “Desa terang itu juga merupakan bagian dari program nasional pemerintah,”katanya.
Soal anggaran kata Eppy pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membantu melancarkan rencana tersebut. Dukungan anggaran dari daerah dan desa juga  dikatakan perlu disiapkan untuk mendorong pelaksanaan program menerangi jalan desa dan ibukota tersebut.
Eppy mengapresiasi pemerintah desa Pnite di kecamatan Amanuban Selatan yang telah lebih dulu melaksanakan program penerangan jalan umum lewat Anggaran Dana Desa (ADD). Di Pnite itu jalan-jalannya terang, mereka anggarkan di ADD, yang lain juga bisa seperti Pnite,”katanya.
Soal penerangan jalan desa itu, pihaknya menargetkan di desa-desa yang penerangannya menjadi persoalan krusial yang perlu segera ditangani.
Setahu bupati Eppy, jumlah desa yang belum memiliki penerangan listrik sekitar 50 persen dari 266 desa yang ada di 32 kecamatan  di kabupaten TTS.
Di depan pimpinan dan anggota DPRD bersama sejumlah pimpinan OPD dan Undangan itu, Eppy menyampaikan 12 item kerja yang akan dilaksanakan dalam 100 hari pertama baktinya bersama Army Konay untuk 400-an ribu penduduk kabupaten TTS lima tahun kedepan.
Ke-12 item kerja tersebut yakni, Perbaikan jaringan air bersih di kota dan desa, penempatan tenaga medis untuk operasional RS Boking, Penataan lampu jalan dan kebersihan kota SoE, Penanaman Kelor, Menggiatkan kembali gerakan cuci tangan di semua SD, menggiatkan kembali kegiatan Jumat bersih dan siskamling, penyelesaian persoalan dokumen kependudukan, pembangunan lampu jalan, pelaksanaan pasar malam dan car free day, penanganan stunting, penataan pasar Oinlasi, Kapan, niki- Niki, Batu putih, Toineke, Terminal dan RSUD SoE dan menempati rumah dinas bagi camat dan sekcam. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *