RDTL Calon Ibukota DOB Amanatun Dibahas Besok

oleh -2K views
Kota SoE,fakta-tts.com -Rencana Detail Tata Ruang (RDTL) kecamatan Boking yang menjadi calon ibukota Daerah Otonom Baru (DOB) Amanatun akan dibahas Selasa (25/6/2019) besok di Kupang oleh tim kerja dari pemerintah provinsi NTT dan kabupaten TTS.
Demikian informasi yang diperoleh fakta-tts.com dari bupati TTS, Egusem Piether Tahun dan Ruba Banunaek dari tim Badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) DPRD TTS, Senin (24/6/2019).
Bupati Egusem melalui telepon menyampaikan pembentukan RDTL tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam proses pembentukan DOB Amanatun pemekaran dari kabupaten TTS. RDTL tersebut merupakan salah satu syarat dalam proses DOB.
Upaya persiapan lain yang dilakukan pemerintah dalam rangka rencana itu kata bupati Tahun, pemda juga telah melakukan pembangunan infrastruktur pendukung seperti Rumah Sakit, jalan dan lainnya. Tahun 2020 mendatang kata bupati Tahun, Pemda akan melakukan pembangunan infrastruktur yang fokus di wilayah calon ibukota tersebut.
Di kantor DPRD TTS, Ruba Banunaek mengatakan dalam pertemuan Selasa besok itu akan dibahas soal kelengkapan RDTL diantaranya soal pembagian zonasi atau kawasan pembangunan dalam wilayah kecamatan Boking.
“Pembahasannya menyangkut kelengkapan RDTL untuk pembuatan Ranperdanya. Seperti soal zona permukiman dan perkontoran posisinya bagaimana, ini perlu disinkronkan dengan provinsi makanya perlu ada pembahasan bersama,”katanya.
Dikatakan pembahasan itu diagendakan oleh pemerintah provinsi setelah ada usulan dari Pemda TTS melalui dinas PUPR kabupaten TTS ke dinas PUPR provinsi.
Ruba mengakui kalau RDTL Boking diajukan lebih dahulu disamping kecamatan lain karena ada kaitan dengan persiapan syarat pembentukan DOB Amanatun.(jmb)
_____________________
Foto : Ruba Banunaek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *