Warga Oebaki Gali Dasar Kali Untuk Cari Air

oleh -5.2K views

Oebaki, fakta-tts.com – Sejumlah warga di desa Oebaki kecamatan Noebeba kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kini bersusah payah mendapatkan air bersih untuk di konsumsi. Sumber air yang sebelumnya dimanfaatkan kini kering.

Kondisi ini memaksa mereka berkreasi untuk mendapatkan air. Kali yang berada di wilayah desa didatangi. Mereka  menggali dasar kali untuk mendapatkan air. Air itu kemudian dimasukan dalam jerigen berkapasitas lima liter untuk dibawa ke rumah.
Di jam-jam tertentu kali Oebaki terlihat ramai oleh warga laki-laki, perempuan dan anak-anak yang datang menimba air di lubang yang dibuat di badan kali.
“Kita buat begini karena memang air sudah tidak adalagi di dalam kampung karena sudah kering semua,”kata lelaki paruh baya yang enggan menyebut namanya, Selasa (1/10/2019) di kali Oebaki.
Tak hanya warga Oebaki kata lelaki ini ada warga dari dusun Oefenu desa Supul juga datang mengambil air di sungai itu. Warga yang memanfaatkan air galian itu ada yang menempuh jarak setengah kilometer dan ada yang lebih dari dua kilometer.
Kata warga lain, keluhan air bersih itu sudah diketahui pemerintah desa namun belum ada kebijakan pemerintah untuk mengatasi persoalan air bersih yang dihadapi setiap tahun itu.
Kondisi kesulitan air bersih itu kata mereka selalu dialami setiap tahun saat masuk bulan Agustus atau september.(hud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *