Bansos Pempus Masuk Kantong Pengusaha di Niki-Niki, Alo Lay : “Ini Berkat”, Kapolres: “Kembalikan Saja”

oleh -13.4K views

Kota SoE, fakta-tts.com – Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Egusem Piether ‘Eppy’ Tahun,ST,MM, Jumat (8/5/2020) menyerahkan secara simbolis dana Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari pemerintah pusat (pempus) kepada sejumlah penerima di kelurahan Niki-Niki kecamatan Amanuban tengah.

Ternyata diantara sekian banyak penerima ada sejumlah warga yang diketahui warga setempat sebagai pengusaha mapan, memiliki sejumlah armada angkutan.  “pengusaha dapat, kami yang ekonomi susah tidak dapat,”kata Wendi Hauoni, warga setempat.
Salah satu oknum pengusaha yang menerima dana bansos tunai tahap 1 sebesar Rp 600.000 itu adalah Alosius Lay atau yang disapa Alo Lay. Kabarnya Alo punya armada punya sejumlah kendaraan yang mendukung usahanya sebagai pengusaha kayu. Alo  cukup dikenal di Niki-niki.
Salah seorang rekan pengusaha Alo kepada fakta-tts.com, menyampaikan ia sering menjual kayu ke Alo. “Beliau pengusaha kayu dengan saudaranya Hengky Lay, mereka sering bawa kayu ke Kupang, saya sering jual kayu ke mereka,”kata pengusaha Niki-Niki ini.
Lurah Niki-Niki , Fety Nope membenarkan Alo adalah pengusaha di Niki-niki yang juga menerima bansos tunai tersebut. “Iya Alo Lay itu pengusaha, kemarin dia terima bantuan itu juga di kantor pos,”kata lurah Fety Nope yang dihubungi pertelepon.
Alo yang dikonfirmasi pertelepon mengaku ia menerima bansos Rp 600.000 tersebut namun ia membantah sebagai pengusaha. “Saya sopir, bukan pengusaha. Kemarin saya juga terima,”katanya dari balik telepon.
Alo mengaku sebelumnya ia tidak pernah didata oleh petugas dari instansi manapun. Ia sendiri kaget saat dihubungi ketua RT setempat untuk datang meneirma bantuan tersebut di kantor pos dan giro Niki-Niki. “Saya tidak pernah didata, ketua RT yang undang saya ke kantor pos. Saya datang, nama dipanggil untuk terima bantuan. Saya terima saja, ini berkat,”katanya.
Kapolres TTS, AKBP Aria Sandi,SIK di Mapolres TTS mengatakan pihaknya pasti menyelidiki persoalan tersebut. “Selidiki pasti kita lakukan, dari situ baru diketahui ada pidananya atau tidak,”kata kapolres Aria.
Disampaikan jika ada penerima yang masuk kategori mampu maka bansos tersebut salah sasaran dan proses pendataannya tidak akurat.
Ia menyarankan agar pemerintah melakukan verfikasi penerima agar selanjutnya penyaluran bantuan tersebut tidak salah sasaran. Dan warga yang sudah terlanjur menerima diharapkan bisa menyerahkan kembali ke pihak penerima untuk disalurkan ke pihak yang lebih berhak. “Ini kembali ke pribadi saja, kalau memang nuraninya baik, kembalikan saja ke pemerintah untuk dikasih ke yang berhak,”kata Kapolres Aria. (Jmb)

One thought on “Bansos Pempus Masuk Kantong Pengusaha di Niki-Niki, Alo Lay : “Ini Berkat”, Kapolres: “Kembalikan Saja”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *