Desa Falas Masukan SPJ ke PMD, Kades : “Maaf Kami Terlambat”

oleh -2K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Penyelesaian SPJ dana desa Falas kecamatan KiE kabupaten TTS, provinsi NTT, jadi sorotan pihak Pansus DPRD TTS tentang LKPJ Bupati tahun 2019. Dalam LKPj Bupati disampaikan bahwa 13 desa di kecamatan KiE termasuk desa Falas sudah tuntas sementara dalam uji petik tim pansus ditemukan desa tersebut adalah satu-satunya di kecamatan KiE yang SPJ tahun 2019-nya belum selesai.
Camat KiE, Lodovikus Kause pun dipanggil Tim pansus ke kantor DPRD TTS untuk mengklarifikasi hal itu. Dalam klarfikasinya camat Kause mengakui kalau SPJ desa Falas tahun 2019 belum selesai. Camat Kause kepada pansus Rabu (10/6/2020) di ruang bnaggar mengatakan ia akan berkoordinasi dengan pemerintah desa Falas untuk segera memproses penyelesaian SPJ tersebut.
Jumat (12/6/2020) kades Falas Drs Jonathan Asbanu bersama bendahara desa Bertolens Lakmau mendatangi kantor badan PMD kabupaten TTS. “Kami baru saja masukan SPJ tahun 2019 ke PMD, jadi tolong diluruskan bahwa SPJ kami sudah selesai dan sudah masukan ke dinas,”kata Kades Asbanu.
Ia mengatakan terhambatnya proses penyelesaian SPJ tersebut karena persoalan tekhnis yang tak mau disebutkan. “Ada hal tekhnis yang menghambat penyelesaian SPJ. Tapi itu kami sudah selesaikan,”katanya.
Kades Asbanu menyampaikan permohonan maaf kepada pemerintah kecamatan, Pemda, DPRD dan masyarakat atas keterlambatan penyelesaian SPJ tersebut. “Kami sudah terlambat, kami mohon maaf kepada pemerintah daerah, DPRD, kecamatan dan masyarakat atas keterlambatan ini. Kedepan kami beurpaya agar
Kerja keras, cerdas  dan tuntas supaya jangan terhambat lagi,”katanya.
Kades Asbanu menjelaskan tahun 2019 kemarin desa Falas mendapat alokasi anggaran Dana Desa sebesar
SPJ tahu. Dana itu untuk pelaksanaan sjeumlah item program fisik dan non fisik.
Kegiatan fisik yang dilaksanakan dan sudah di SPJ-ka  yakni embung berukuran 25×25 meetr, rabat beton sepanjang 400-an meter, posyandu, perumahan 25 unit, lampu jalan 20 unit, benang untuk ibu-ibu penenun 170-an orang dan item lainnya.
Tahun 2020 ini alokasi dana desa untuk Falas naik menjadi Rp 1,6 miliar. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *