Di HUT Kota SoE, Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto Bantu Jaringan Air Untuk Warga Oenasi, Diresmikan Wabup Army

oleh -1.9K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota SoE, ibukota kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang ke-98, Selasa 1 September 2020, Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto meresmikan pemanfaatan jaringan air bersih dari Sumur Bor yang dibangun untuk kebutuhan air warga Oenasi kelurahan Nonohonis kecamatan Kota SoE. Sumur bor tersebut diadakan di rumah ketua yayasan Janse Halena Kamlasi-Aploegi di Oenasi-kelurahan Nonohonis kecamatan Kota SoE.
Acara peresmian diawali ibadah syukur di rumah Imanuel Kamlasi di Oenasi yang kemudian diikuti dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita oleh wakil bupati (Wabup) TTS, Jhony Army Konay didampingi anggota DPRD TTS dari fraksi Golkar, Ruba Banunaek dan Ina Lakapu di Toren utama samping rumah Imanuel Kamlasi.
Ketua yayasan, Janse Kamlasi-Aploegi dalam sambutannya menyampaikan
apa yang dilakukan adalah wujud dari semangat pelayanan yang diajarkan almarhum  Moses Kamlasi (suami Janse).
“Dari dulu Bapak Moses ketua yayasan pertama bercita cita ada sumur di depan rumah dan syukur sekarang terwujud sumur bor sedalam 80 meter lewat proses Geo listrik dan pengeboran dengan dukungan anak tercinta Simon Petrus Kamlasi beserta Ibu Esther Meilany Siregar dibantu para tokoh orang tua dan Basudara Oenasi yang peduli dengan kasih,”katanya dihadapan warga yang hadir.
Dikatakan  air sumur bor yang dialirkan ke rumah-rumah warga di Oenasi tersebut adalah berkat sumber kehidupan dari Tuhan yang dititipkan melalui keluarga besar Yayasan untuk di dedikasikan bagi kesejahteraan sesama yang terjangkau oleh instalasi.
Air tersebut di distribusi melalui 1 pompa celup sumersibel menggunakan listrik PLN 1 pompa celup dengan listrik tenaga surya
Sementara 3 buah toren 3000 liter untuk distribusi melalui pipanisasi .
“Selama kita melandasi pelayanan dengan kasih dan keikhlasan maka dukungan dana untuk keberhasilan program akan terwujud dengan uluran tangan berbagai pihak. Hal ini adalah perkara iman yang paling mendasar yang diajarkan Bapak Moses Kamlasi kepada anak anak, Tuhan selalu buka jalan sehingga program air bersih ini termasuk pengeboran bisa terwujud dengan anggaran mencapai 150 juta. tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan. Atas nama pribadi Saya, Janse Halena Kamlasi -Aploegi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang dengan tulus membantu , ada om Sius, Om Ju , Om Eman , Menantu saya Jimmy dan semua anggota wilayah Oenasi yang turut partisipasi Marilah kita jaga bersama karya pelayanan ini dan terus kita sempurnakan sesuai makna air kehidupan yang terus mengalir kekal abadi dengan kelemahlembutan,”katanya.
Janse juga menyampaikan pesan dari putera pertamanya, Kolonel Simon Petrus Kamlasi agar warga memanfaatkan air yang didapat tersebut dengan menanam sayuran. Ini mengingat dulunya kampung Oenasi adalah penyuplai sayur di Kota SoE.
Hingga kini sudah 42 KK yang rumahnya dialiri air dari sumur bor yang diadakan tersebut.
Kepada pemerintah dimohon ada bantuan untuk revitalisasi instalasi ke depan dan adanya dukungan dalam bentuk program program air yang lebih nyata dan lebih partisipatif yang mengedepankan peran serta langsung masyarakat.
Sius Benufinit mewakili 42 KK yang kini mendapat bantuan air dari jaringan tersebut menyampaikan syukur dan terimakasihnya kepada yayasan dan keluarga Kamlasi-Aploegi. “Ini sesuatu yang tak terbayangkan oleh kami. Kebutuhan air bersih kami terpenuhi. Dulu Oenasi penghasil sayur dan kami upayakan Oenasi bisa kembali seperti itu lagi. Kami bersyukur dan berterimakasih kepada yayasan dan keluarga Kamlasi-Aploegi atas bantuan ini, kami hanya bisa sampaikan itu,”kata mantan Lurah Nonohonis ini.
Mewakili DPRD, Ruba Banunaek menyatakan bangga dengan apa yang dibuat yayasan Nekmese Mitulu Thalinto karena dengan sukarela mau membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan air bagi warga.
“Yayasan ini dapat rekor MURI untuk pembuatan pompa air hidran. Salah satunya diresmikan hari ini di oenasi. Yang saya tahu sebelumnya sudah banyak yang dilakukan yayasan ini. Ini satu contoh yang baik dalam menghasilkan buah kebaikan bagi kepentingan banyak orang,”katanya.
Ide pengembangan potensi sumber daya yang dilakukan yayasan tersebut kata Ruba harus menjadi  perhatian dan motivasi bagi pihak lain termasuk pemerintah.
Wabup Army Konay menyampaikan terimakasih kepada yayasan dan keluarga Kamlasi, Aoloegi dan lainnya yang terlibat langsung dalam pekerjaan sumur bor dan jaringan air tersebut. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *