Pergub 57/2020 Bingungkan Warga, Tunggakan Pajak Kendaraan Ternyata Tetap Dibayar

oleh -2.3K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Pemerintah provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) menerbitkan Peraturan gubernur (pergub) Nusa Tenggara Timur (NTT) nomor 57 tahun 2020 tentang Pembebasan Sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor penyerahan kedua dan seterusnya.
Pergub tersebut mulai diberlakukan 15 Oktober 2020 kemarin dibarengi sejumlah bentuk sosialisasi pemerintah kepada masyarakat termasuk lewat media sosial (medsos).
Razia gabungan terhadap kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di jalan umum pun gencar dilakukan pemerintah melibatkan kepolsian dan pihak asuransi Jasa raharja sejak pergub tersebut diberlakukan.
Implementasi pergub tersebut ternyata membingungkan masyarakat.
JR, warga yang tinggal di kelurahan Nonohonis kecamatan Kota SoE, kabupaten TTS, kaget ketika membayar pajak kendaraan sepeda motornya, Rabu (21/10/2020) pagi di kantor UPTD Pendapatan kabupaten TTS.
Pajak sepeda motornya yang tertunggak dua tahun ternyata tetap dibayar. “Informasi yang kami dapat pajak kendaraan yang tertunggak dibebaskan, tidak dibayar, tapi nyatanya tetap bayar,”kata JM, yang sempat ribut di kantor UPTD setelah membayar total pajaknya di loket bank NTT yang ada di kantor tersebut.
JM mengaku total jumlah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dibayar  sebesar Rp 470 ribu termasuk dua tahun tunggakan pembayaran. Sementara pajak sepeda motornya hanya Rp 181 ribu lebih.
Albert Pairikas, kepala UPTD pendapatan daerah wilayah kabupaten TTS yang dikonfirmasi mengakui kalau ada kekeliruan di masyrakat soal penerapan aturan tersebut. Kondisi ini diakui karena sosialisasi penerapan perbub yang kurang sempurna.
Ia menjelaskan sesuai isi pergub tersebut yang dibebaskan adalah denda keterlambatan saja namun pokok pajak kendaraan tetap dibayar. “Yang dihapus itu hanya denda keterlambatan saja tapi pokok pajaknya tetap dibayar,”katanya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *