Warga Binaan Rutan SoE Budidaya Ikan Nila, Panen Perdana Untuk Natalan

oleh -3.3K views

Kota SoE,fakta-tts.com – Tahun 2019 kemarin, warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB SoE, Timor Tengah Selatan (TTS), NTT berkesempatan mendapat pembinaan keterampilan baru dibidang perikanan air tawar. Oleh pihak rutan, mereka diajarkan keterampilan mengelola atau membudidaya ikan air tawar di dua kolam yang disiapkan pihak Rutan dalam lingkungan Rutan.

Pada September 2019, 500 ekor benih ikan Nila yang diberikan dinas perikanan kabupaten TTS dilepas di dua kolam tersebut. Dan Selasa (7/1/2020) panen perdana dilakukan bersama pejabat dari kanwil kemenkumham provinsi NTT dan pihak Rutan SoE. Hasil panen perdana tersebut dikonsumsi bersama dalam syukuran Natal yang digelar Rutan SoE.
Lukas Frans, kepala Rutan SoE kepada wartawan mengatakan budidaya ikan air tawar diadakan sebagai keterampilan baru bagi para warga binaan karena selain mudah dan tidak membutuhkan modal besar, usaha ikan air tawar punya potensi bagus dalam menunjang ekonomi keluarga. Sehingga diharapkan pengetahuan mengelola usaha ikan air tawar yang diajarkan di rutan bisa menjadi modal bagi para warga binaan untuk berusaha saat kembali ke lingkungan masyarakat. “Ini usaha sederhana, tidak perlu modal besar, pengelolaannya juga tidak rumit. Jadi usaha ini bisa jadi pilihan bagi mereka (warga binaan) jika sudah keluar dari sini (rutan),”katanya.
Rencananya kata Lukas, panen berikut akan dilakukan pada bulan April 2020 dan pada kesempatan tersebut hasilnya akan dibagi ke para warga binaan dan dikonsumsi bersama. “Kami rencana bulan April panen kedua tepat hari ulang tahun kita. Kami mau undang bupati untuk datang sama-sama kita makan ikan disini,”katanya.
Selain usaha di bidang perikanan sebelumnya para warga binaan juga sudah dilatih keterampilan membuat produk kerajinan tangan, berkebun dan lainnya.
Acara Natal bersama itu dihadiri Kadiv Budi Argab Situngkir. Usai ibadah dilanjutkan dengan acara perpisahan dengan Zet Anabanu, kasubsi Tantan yang purna tugas dan salah satu karyawan Rutan SoE yang berpindah tugas ke Rutan Klaten.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *