Kendaraan Angkutan dari Kabupaten TTU, Malaka, Belu Kir di Dishub TTS, PAD Baru Untuk TTS

oleh -1.1K views

Kota SoE, fakta-tts.com – Mulai tahun Januari ini semua kendaraan roda empat angkutan barang dan penumpang dari kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Malaka dan Belu melakukan uji kelaikan jalan atau kir di dinas perhubungan (Dishub) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Ini menyusul diberlakukannya Sistim Informasi Manajemen (SIM) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) secara online oleh kementerian perhubungan.  Dengan sistim ini pengujian kendaraan langsung terakses ke kementerian dengan aplikasi yang sudah disiapkan di daerah.
Kepala bidang sarana prasarana Dishub kabupaten TTS, Erens Benu kepada fakta-tts.com, Kamis (14/1/2021) di ruang kerjanya mengatakan peralatan uji kendaraan yang memenuhi syarat dan aplikasi SIM PKB yang dimiliki Dishub TTS telah menjadi penentuan sehingga semua kendaraan angkutan barang dan penumpang wajib melaksanakan kir-nya di dishub TTS.
“karena alat pengujian kita memenuhi standar nasional, aplikasi SIM PKB kita punya, makanya kendaraan angkutan yang dari TTU, Belu, Malaka  ujinya disini,”kata Erens didampingi Piter Bako, rekannya di dishub TTS.
Ditambahkan Piter Bako, penerbitan Kartu uji kendaraan kini langsung diterbitkan dari pusat sehingga data proses pengujian di daerah wajib dikirim secara online langsung ke kementerin. Untuk itu diperlukan aplikasi SIM PKB di dishub.
Dikatakan Erens Benu dengan pelaksanaan kir terpusat dari empat kabupaten di dishub TTS tersebut memberikan keuntungan bagi pendapatan daerah. “PAD kita jadi bertambah karena kir ini dibayar dan wajib dilakukan enam bulan sekali oleh pemilik kendaraan,”katanya.
Dijelaskan Pemda TTS menetapkan biaya kir untuk kendaraan truk, laik truk dan bus sebesar Rp 170.000/kendaraan dan untuk kendaraan pick up, Mikroket Rp 150.000/kendaraan.
Data kendaraan yang wajib kir untuk kabupaten TTS kata Piter Bako sebanyak 3.200 kendaraan namun yang aktif kir hanya sekitar 1.000-an kendaraan.
Pihak dishub TTS belum mendapatkan data soal jumlah kendaraan angkutan barang dan penumpang dari kabupaten TTU,Belu dan Makaka yang wajib kir. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *