Sekretaris Fraksi NasDem TTS Apresiasi Pemkab, Ada Layanan Ekstra Dispendukcapil

oleh -488 views
Kota SoE, fakta-tts.com – Askenas Gomer Afi, sekretaris Fraksi NasDem DPRD kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) melihat ada perubahan baik dalam kinerja dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) setelah dikritik DPRD.
Ia mengakui layanan kependudukan ektra dispendukcapil ditengah pandemi covid-19 tersebut tak lepas dari respon cepat bupati Egusem Piether Tahun dan wabup Jhony Army Konay dalam menjawab aspirasi masyarakat soal layanan kependudukan dispendukcapil di kabupaten TTS.
“Kita apresiasi atas peningkat kinerja dispendukcapil. Meski tanpa APD (Alat Pelindung Diri) dimasa pademi ini, petugas di Dinas Dukcapil TTS bekerja ekstra. Ini membuktikan bahwa apa yang kami kritisi ada hasilnya, ada  perubahan baik dalam pelayanan dispendukcapil,”kata Kenas, sapaan akrab Askenas Gomer Afi di kantor DPRD TTS Senin (19/7/2021).
Belum lama ini Kenas mengkritik Layanan dispendukcapil yang dianggap lamban dalam menjawab kebutuhan warga TTS yang mengurus dokumen kependudukan untuk kepentingan perkuliahan mencari kerja dan urusan lainnya terkait status  kependudukan.
Saat itu menurut Kemas, pemkab perlu melakukan sesuatu dalam menjawab persoalan layanan kependudukan di dispendukcapil yang selalu terlihat
ramai dengan warga yang lama menunggu layanan.
Ada gerak cepat pemkab dalam menjawab persoalan kepengurusan dokumen kependudukan ini,  Dispenduk bekerja ekstra untuk menjawabi kebutuhan warga TTS soal dokumen kependudukan. Sikap Bupati TTS dalam mendorong pelayanan ekstra baik itu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kebutuhan surat tanda diri lain di dispendukcapil patut kita apresiasi karena saat ini masyarakat terutama anak muda yang akan kuliah dan para pencari kerja butuh segera mendapatkan KTP dan berkas lain yang harus dilengkapi guna mengikuti setiap seleksi yang diikuti,”ujar Kenas.
Ia berharap pelayanan ekstra yang dilakukan Disdukcapil TTS hingga tanggal 25 Juli 2021 agar dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat.
“Terobosan dan berpihak terhadap masyarakat sehingga masyarakat tidak menanti terlalu lama sangat baik untuk segera mendapatkan KTP dan dokumen kependudukan lainnya sehingga tidak terbuang waktu dan tenaga serta materi hanya untuk melakukan pengecekan setiap saat. Ini kebijakan yang sangat berpihak kepada masyarakat. Cara ini juga sebagai salah satu bentuk mengantisipasi konsentrasi masyarakat dimasa pemberlakuan PPKM saat ini,”pungkas Kenas.(Pau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *