Temui Korban Banjir di Bena, Ini Pernyataan DPRD Untuk Pemkab TTS

oleh -397 views
Bena, fakta-tts.com -Wakil Ketua DPRD TTS Nikolas Yusuf Soru dan anggota DPRD Habel Hoti beserta sejumlah pengurus DPC PDIP kabupaten TTS Rabu (7/4/2021) menemui korban bencana banjir di tempat pengungsian mereka di kantor desa Bena kecamatan Amanuban Selatan.
Saat memantau langsung kondisi para warga terdampak rombongan Yusuf Soru juga menyerahkan bantuan kepada para korban.
Pada kesempatan tersebut Yusuf Soru meminta agar Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan serius mengurus warga terdampak bencana banjir di wilayah TTS.
“Kita minta agar pemerintah serius tangani warga terdampak banjir yang saat ini sedang berada di pengungsian,”tegas Yusuf Soru.
Sekretaris DPC PDIP TTS ini, merasa prihatin setelah melihat kondisi para warga terdampak bencana banjir yang tidur hanya beralaskan terpal di dalam gedung kantor Desa Bena dengan bahan makanan seadanya.
“Ini memang sangat tidak layak, bagaimana bisa 714 orang warga tidur beralaskan terpal didalam ruangan yang hanya berukuran 12×8 meter. Ruangan sangat sempit,” ungkap Yus Sori.
Dia meminta agar Pemerintah Kabupaten TTS untuk segera mengambil langka cepat untuk mengatasi kondisi ditempat pengungsian mulai dari kamar mandi dan kamar WC yang saat ini cuma satu unit.
“Bagaimana bisa kamar mandi dan kamar WC hanya satu unit yang tersedia sementara warga begitu banyak. Jadi kita minta juga untuk pemerintah siapkan kamar mandi dan WC darurat,”kata Yus Soru
Hal yang sama juga disampaikan oleh Habel Hoti anggota DPRD TTS dari Partai Gerindra.
Menurut Habel, warga terdampak mesti diberikan pemahaman oleh Dinas Kesehatan  untuk tetap mentaati protokol kesehatan (Prokes) dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dimasa pandemi covid 19 ini.
“Walaupun ditempat pengungsian kita juga minta agar warga diberikan pemahaman oleh Dinkes agar tetap mematuhi Protokol Kesahatan. Kita prihatin dengan kondisi warga terdampak yang tidak memakai masker dan juga tidak jaga jarak,”kata Habel.
Disisi lain lanju Habel pemerintah juga harus tetap memperhatikan pendidikan anak usia sekolah yang kini bertahan ditempat pengungsian.
“Pendidikan ana usia sekolah juga harus menjadi perhatian walaupun ditempat pengungsian,” tegas Habel.
Baik Yus Soru maupun Habel Hoti memberikan apresiasi yang tinggi kepada TNI dan Polri yang sigap membantu warga terdampak banjir sejak tanggal 4 April hingga saat ini tetap stand by di posko pengungsian kantor Desa Bena terutama dengan mendirikan dapur umum.
Dikesempatan yang sama, Ketua DPC PDIP TTS Mordekae Liu bersama sejumlah pengurus DPC PDIP TTS menyerahkan sejumlah bantuan yang terdiri dari sarung, sikat gigi, odol, tikar dan sejumlah sumbangan lainnya untuk membantu warga terdampak bencana banjir.
Penyerahan bantuan tersebut disaksikan oleh Wakil Ketua DPRD TTS yang juga Sekretaris DPC PDIP TTS dan anggota DPRD TTS Habel Hoti. Penyerahan bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa Bena Charles L. Nabuasa
Berikut jumlah warga terdampak bencana banjir yang kini mengungsi di Aulah kantor Desa Bena terdiri dari bayi 21, balita 92, ibu hamil 7 orang, lansia 43 orang dan dewasa 496.(Pau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *