Jadi Kades, Loper Koran di SoE Programkan Budaya Baca

oleh -6K views

Kota SoE, Fakta TTS-Aktifitas keseharian sebagai loper/penjual koran di Kota SoE ibukota kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya harus ditinggalkan Mikael Tenis (41).
Aktifitas yang telah dilakoni sekitar 15 tahun itu harus ditinggalkan Mika (sapaan Mikael Tenis) karena terpilih jadi kepala desa (kades) Pili kecamatan KiE dalam pelaksanaan Pilkades yang dilakukan serentak di 85 desa oleh pemda TTS, Selasa (13/3/2018).

Kepada Fakta TTS di kawasan komplek pertanahan lama kelurahan Taubneno Kota SoE, tempat mangkal para loper koran, Mika menuturkan keikutsertaannya di ajang Pilkades bukan sesuatu yang tanpa rencana karena dalam benaknya ia pernah berpikir kalau kelak hal positif yang diperoleh dari rajin membaca koran bisa ia bagikan kepada sesamanya di kampung halamannya di desa Pili. Tanggal 13 Maret 2018 menjadi pintu masuk baginya untuk wujudkan angannya itu.
“Sudah pasti salah satu hal penting yang saya akan buat untuk warga saya adalah banyak membaca. Ini penting karena dari situ kita bisa tahu banyak hal untuk bagaimana kita berubah,”kata Mika saat ditanya apa programnya untuk membangun masyarakat Pili setelah dilantik jadi Kades.

Kata Mika saat memutuskan untuk ikut Pilkades ia tidak punya program muluk-muluk. Selain ingin masyarakatnya gemar baca, ia menginginkan agar kondisi lingkungan di desa terlihat rapi dan bersih. Alasannya karena dengan lingkungan yang bersih akan membuat orang nyaman beraktifitas. “Fasilitas umum di desa yang selama ini tidak terawat karena rumput tinggi, kita bersihkan buat jadi rapi. Selain itu jalan-jalan dalam desa juga harus bagus. Intinya lingkungan desa harus bagus dan rapi,”katanya.

Suami dari Erni Tse ini meraup 273 suara mengungguli empat kandidat lain. Total suara sah dalam pilkades Pili sebanyak 882.

Bapak dua orang putera ini mengajak warganya untuk menjauhkan sikap permusuhan dan satu pikir, satu tindakan bergandengan tangan membangun desa Pili. (Vin)

One thought on “Jadi Kades, Loper Koran di SoE Programkan Budaya Baca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *